Pulang

Langkah ini ter-halu dalam deru, tertatih dalam langkah, berpacu dengan waktu, degup jantung berpacu berlomba beriak dalam detik. Ah… seadainya aku bisa tepat waktu sampai di stasiun itu, dengan terburu ku percepat laju langkah ini, peluh tak kuhiraukan, dalam hayal terbayang sudah dusun ku, dan si mungil pras yang sudah tak sabar minta ku peluk… senyum nya sudah lama ter-hafalkan, dan ajakan nya memancing ikan lele kesukaan ku membuat tak sabar untuk mecarikan-nya keong sawah untuk ku gunakan sebagai umpan, pras buah hati ku, simungil yang kian membuatku tak sabar untuk memeluk nya.

 

Kaki ku terhenti dalam tunggu sesaat, dihalte dalam risau ku duduk, bis kota belum juga lewat, degup jantung kian menjadi, tiket kereta api kelas bisnis ada dalam saku celana ku, akan kah aku dapat tepat waktu sampai di Stasiun, Cemas sudah menggumpal sepekat malam.

 

Hiruk pikuk kota tempat ku bekerja, larut kian menjelang, cakrawala mengontai semakin berat, gelap sudah mulai pekat. Bis yang ku tumpangi dengan terseok jigjag melaju menderu menghimpit kendaraan kecil samping kanan dan kiri nya, sang raja jalanan hendak lewat maka sang kancil harus menghindar, jalan sempit seakan menjadi miliknya, pada detik terakhir terlihat sudah stasiun itu, lengkingan pluit kereta memanggilku tuk segera masuk dalam koridor gerbong nya,….

 

Gunung, sungai, ngarai dan lembah sudah kulalui beberapa jam yang lalu, pohon pohon tebu melambai lambai menyeru ku, angin menghempas menampar lamunanku, sungai sungai kecil, lambaian lambaikan pohon kelapa, menyambut sang kelana yang sudah lama meninggalkan tanah kelahiran nya, desa kecil tempat anak dan istriku hidup bahagia disana, dusun yang telah membesarkan buah hati ku “pras”…, nak ayah dah pulang membawa sejuta cerita, membawa sekantung buah tangan yang kamu harapkan, tak banyak yang dapat aku persembahkan pada mu, hanya sejuta rindu yang ada dalam lubuk hatiku.

 

This entry was posted in Cerpen. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s