Bersilaturahmi

Dalam lebaran ini sudah menjadi kebiasaan kami untuk saling mengunjungi kerabat satu sama yang lain, tahun ini kuputuskan untuk membawa anak dan istri ke Jakarta dalam minggu pertama lebaran, mengingat kondisi arus migrasi penduduk yang sudah aku prediksikan bakal penuh, ada rasa syukur yang tak terhingga, sehingga semua nya dapat berkumpul dalam kebersahajaan bersama, menikmati detik detik akhir bulan puasa dan gema takbir yang menyeru kebesaran nama NYA, terlatih sudah kita oleh satu ujian yang dasar, menyadarkan kami kembali bahwa apa pun yang kami miliki adalah anuggrah yang sangat besar yang wajib kita keluarkan dan kita sisihkan sebahagian nya untuk berbagi rasa, berbagi empati dengan saudara kita yang masih kekurangan, rasa puji dan syukur tak putus kami panjatkan, bahwa semua datang atas karunia NYA yang amat bermanfaat bagi kami sekeluarga.

 

 

Sehari menjelang lebaran, kami bersama bersimpuh berdoa di pusara ayahanda tercinta, yang genap hampir setahun meninggalkan kami semua, meninggalkan amanah untuk kami agar senantiasa berlaku jujur dan santun dalam menjalani hidup ini. rangkaian do’a kami panjatkan untuk ketenangan dan ketentraman Almarhum, Semoga ALLOH yang maha tinggi memberikan ketenangan, ketentraman dan kebahagian dalam tidur panjang nya.

 

 

Di hari pertama lebaran, kami sempatkan sembahyang Idul Fitri, di mesjid di belakang rumah kami, kubawa anak dan keponakan ku untuk sama-sama menghatur sembah dan sujud dengan penuh rasa syukur di hari yang fitri ini, menggenapkan semua yang telah kami jalankan di sepanjang ritual puasa yang indah nan agung mendidik kami, menyiram kesejukan yang dalam di hati sanubari kami, dengan harap semoga ALLOH memberikan umur yang panjang untuk menjupai nya lagi di tahun depan. hujan pagi hari di awal hari yang fitri membasahi, melenyapkan noda debu, menyingkap kesejukan dalam bathin, satu lagi berkah yang tak ternilai telah ALLOH guyurkan untuk memfitrikan setiap hati kami.

 

 

Kami bersujud dihadapan Ibunda tercinta tuk menghatur maaf dan bersipuh dalam do’a dan ampuan semoga apa yang telah kami lakukan dan perbuat terampunkan dan mendapat hidayah NYA, anak, Istri, adik-adik ku saling silaturahimi, dalam kedamaian dan ketentraman, kami bersilaturahmi juga dengan para tetangga, bu de, pak de dan bu lik, pak lik, keluarga yang ada di jakarta.

 

 

Sore menjelang di hari yang fitri, Aku dan Istri serta anak ku sudah siap untuk mudik, pulang ke kampung halaman istriku, dalam malam bis malam yang kami tumpangi, kurangkai takbir dan tahmid dalam hati. memuji kebesaran NYA.

 

 

Pagi yang cerah dihari kedua lebaran, Aku sudah berada di suatu dusun yang asri, kampung tempat anakku Prasetyo di lahirkan, sudah jadi tradisi hari kedua dikampung Istriku adalah hari yang sarat dengan keberkahan untuk saling bersilaturahmi, berma’af-ma’af-an, saling kunjung mengunjungi, sambutan letusan petasan sudah jadi tradisi pula dalam menyambut lebaran, semua family, kerabat, saudara, teman, bibi, pak lik, bu de, pak de, dan seluruh masyarakat kampung luruh dalam kegembiraan dan ketentraman bathin, saling cerita bersilaturahmi, berbagi kebahagiaan, saling memulya-kan dengan saling mema’afkan.

 

 

Sudah genap seluruh keberkahan dan kemuliaan yang ALLOH berikan pada kami sekeluarga di hari yang fitri ini, amin…amin .semoga tahun depan kami dapat mengalami nya lagi. Ya Alloh kami mohon ampun dan khilaf dari apa yang telah kami lakukan. Fitri-kanlah kami kembali, tetap-kan lah kami dalam keimanan yang Haq dan jadikah lah kami orang yang beruntung dengan senantiasa bersyukur atas semua yang Engkau anugrahkan pada kami.

This entry was posted in Cerpen. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s