Tebar Pesona Objek Wisata Lo Gending

“Tebar Pesona Objek Wisata Lo Gending”…

 

 

Terlalu indah untuk dilupakan, bersih, asri, dengan perbukitan dan cadas yang menjulang di sepanjang jalan menuju lo Gending, haparan laut yang luas terbentang, kesan itulah yang kami dapatkan dari kesan pertama saat kami kunjungi objek wisata lo Gending di kabupaten Kebumen Jawa Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Cilacap ini. Objek wisata yang masih bersih nan asri, menebar pesona dalam benak untuk selalu “kangen” dan ingin mengunjungi nya lagi.

 

 

Keberadaan muara sungai yang luas dan lebar membuat obak laut selatan tidak seganas pada lokasi lain seperti misalnya daerah Puring, Petanahan yang juga masih dalam Kabupaten Kebumen, Pertemuan muara dan laut inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dapat dinikmati dengan ber-perahu menyusur mengelilingi muara yang lebar.

 

 

Nampak burung-burung laut, bertengger di atas pohon bakau yang rindang, Camar dan bangau merupakan variant burung yang masih banyak ditemui di sepanjang pantai selatan jawa ini. Selain itu burung walet yang menjadi lambang dari kabupaten Kebumen banyak sekali kami temu kan, menambah daya tarik yang menawan.

 

 

Biasa nya setelah habis dua, tiga hari lebaran, pengunjung mem-bludak, penuh dan sarat ingin mengunjungi objek wisata ini, hamparan pasir putih, tertutup oleh lautan orang, dari anak-anak, dewasa bahkan orang tua, bercanda riang, bermain menikmati pesona yang ada.

 

 

Objek wisata ini dapat di jangkau dari barat dari arah Purwokerto, Batu, Cilacap melalui ruas jalan nasional Jawa bagian selatan menyusur terus sampai daerah Ijo dan bisa juga dijangkau dari daerah Timur, Kebumen, Gombong, terus ke barat ke Ijo, Gua Jatijajar yang merupakan hamparan gunung kapur yang indah diselimuti flora yang terhampar hijau.

 

 

Lintas jalan nya pun sudah bagus dan cukup halus, sangat nyaman bagi yang membawa kendaraan sendiri, namun demikian sebagian anak-anak remaja, pemuda-pemudi banyak juga yang menggunakan sepeda motor, bahkan angkutan kendaraan umum yang dapat di naiki dari mulai pasar dan terminal Gombong yang sudah sangat ramai saat ini.

 

 

Bagi sebagian masyarakat Kebumen dan Cilacap pada umumnnya berwisata ke Lo Gending merupakan satu tradisi yang sangat nyaman dilakukan tiap tahun, membawa sanak-saudara, kenalan baru dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dll, untuk sekedar memperkenalkan kekayaan daerah nya, merupakan kebanggaan tersendiri, terlebih memperkenalkan keindahan tersebut bagi calon istri/suami (“pacar”). inilah salah satu keindahan alam Kebumen yang indah dan asri. ketertarikan ini pula-lah yang membawa muda-mudi untuk berwisata ke Lo Gending.

 

 

Jika kita menggunakan kendaraan sendiri, kita dapat menyusuri jalanan yang kecil dan berbukit- bukit terjal, menuju daerah Karang Bolong sebelah timur Lo Gending, kita akan lebih banyak menemui keindahan alam yang lebih asri, perkampungan nelayan, tempat pelelangan ikan yang berada di pantai dengan bukit-bukit yang curam, untuk sekedar membeli oleh-oleh hasil tangkapan nelayan, ikan disini di jual masih murah karna dari tangan pertama langsung yaitu para nelayan serta masih sangat fresh. Juga akan ditemukan ladang-ladang penduduk yang berada di dataran perbukitan ini, nampak di beberapa tempat kita dapat saksikan pula luas nya samudara laut selatan dari kejauhan, yang seakan tiada bertepi, hembusan angin yang kencang, lambaian-lambaian pohon kelapa, rimbun-nya pohon di beberapa tempat, serta jalanan yang kecil menanjak dan menurun, berliku dan berkelok tajam.

 

 

Lebih ketimur banyak hal yang akan membawa kita pada ketakjuban yang sangat luar biasa, ngarai, jurang dan pesona keindahan jajaran bukit-bukit yang terbujur dari barat ke timur, penat dan kejenuhan hilang sudah terobati, dalam waktu yang sesaat masa liburan kali ini, cukup lah sudah membawa serta keluarga dalam robongan wisata yang murah, meriah namun sangat mengesankan, selamat tinggal lo Gending… moga tahun depan tebar pesona-mu akan selalu mengingat kan kami, untuk kembali membawa rekan dan saudara kami lebih banyak lagi untuk menikmati ke-indahan alam mu..

This entry was posted in Cerpen. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s