Internet Share dengan Speedy

“Internet Share dengan Speedy”

 

Pengalaman ini saya share ketika kami merasa perlu untuk menggunakan Internet terlebih ketika penggunaan email menjadi keharusan, utama nya untuk departemen marketing, departemen akunting untuk eFilling dan umum nya pada semua departemen yang terhubung pada jaringan lokal area network, menggunakan dan instalasi speedy pada lokal area network menjadi jawaban, berikut setting yang dapat dilakukan untuk bisa internet-an pada jaringan lokal intranet kita, kuncinya ada pada gateway dan ADSL/Router.

 

Panduan berikut di share bagi mereka yang awan untuk setting network, atau mereka yang baru akan memulai menggunakan speedy, moga bermanfaat.

 

Langkah pertama, pastikan line telpon fixed line telah didaftarkan pada Telkom untuk penggunaan internet Speedy, dapat menghubungi CR telkom terdekat pada area kita berada.

 

Kita akan mendapatkan user dan password untuk speedy yang akan kita instalasikan (misal user : 12156612001 dengan password: 9jahjhs78781), juga modem ADSL (dapat dibeli pada toko komputer).

 

Cari atau biasa-nya kita akan mendapatkan modem ADSL dengan spesifikasi seperti berikut :

  • terdapat port USB (1 buah )

  • terdapat port RJ 45 (8 pair) / Network / LAN

  • Line ADSL / telpon

  • Power cord / berikut adaptor

Ada beberapa model lain yang lebih baik, bahkan sudah bisa untuk Wireless, dengan antena wireless.

 

Di sisi Lokal area network, kita harus siapkan HUB / SWICTH (100MB/1000MB), dan terhubung pada komputer-komputer yang ada pada jaringan LAN dengan IP (boleh obtain atau fixed IP, yang di setting pada (untuk XP – Show All Conection – LAN or High Speed Internet).

 

Berikut contoh seetting-an nya, dalam contoh berikut kita buat fixed IP dengan setting manual, pada Local Area Properties – Internet Protocol (TCP/IP) :

  • Use Following IP Addres :

  • IP Address : 192.168.1.3

  • Subnet mask : 255.255.255.0

  • Default Gateway : 192.168.1.1

  • Use Following DNS server address:

  • Preferred DNS : 202.134.0.155 ( DNS Primer Telkom )

  • Alternate DNS : 202.144.2.5 ( DNS Alternatif Telkom )

berikut seterus-nya di setting pada komputer komputer yang ada pada Lokal Area Network, bisa juga kita klasifikasikan per departemen :

 

  • 192.168.1.3 sampai 192.168.1.20 : Departement IT

  • 192.168.21 samap 192.168.1.30 : Departement Accounting dst….

  • Namun untuk lebih tidak memusingkan lebih baik menggunakan DHCP Server (tingkat Advance, tidak perlu seetting di tiap PC)

speedy01.jpg

 

Kemudian seetting pada sisi Modem ADSL/Router :

Pasangkan semua perangkat pada Modem ADSL ( sedapat mungkin intalasi jaringan telpon fixed line dekat dengan HUB/SWICTH ), pasangkan :

  • Pasangkan Line Fixed Telpon koneksikan pada Spliter

  • dari Spliter terdapat 3 line, satu untuk handset telpon, satu ke arah modem ADSL/Router

  • pada Modem ADSL/Router, port line ADSL koneksikan pada Spliter, RJ45 Network koneksikan pada HUB/SWICTH network, Power Suplay – pada Adaptor Power.

 

Langkah berikut nya, modem ADSL yang sudah terhubung pada HUB/SWICTH, akan memberikan IP lokal 192.168.1.1, atau sebelum nya bisa kita setting pada satu PC stand allone, gunakan Card Network pada PC stand allone tersebut untuk seeting modem ADSL, jauh lebih baik dari opsi menggunakan USB port.

Test ping dilakukan pada beberapa PC ke IP 192.168.1.1, jika ada koneksi, berarti kita bisa mulai seeting Modem ADSL/Router dengan mengakses http://192.168.1.1 melalui Browser (Monzila/IE).

 

Ketika mengakses http:/192.168.1.1 modem ADSL/Router akan meminta password biasanya usernya: admin dengan password : password.

 

Setting parameter yang ada pada Web modem ADSL/Router lokal diantaranya adalah user untuk masuk ke jaringan speedy telkom yaitu (misal: user :12156612001@telkomspeedy.com dan password : 9jahjhs78781) dan beberapa setting yang ada sesuaikan dengan panduan yang ada pada manual book modem ADSL/Router yang kita beli. Cek Parameter Setting dari sisi LAN dan WAN pada Modem ADSL/Router.

 

 

Jika semua setting ADSL modem telah selesai, dan Gateway IP : 192.168.1.1 sudah siap, kita bisa ping IP DNS telkom (ping 202.134.0.155), dari beberapa PC dari departemen-departemen yang terhubung ke HUB/SWICTH lokal area network, jika sudah bisa koneksi, berarti kita sudah siap Browsing, tinggal kita set Web Browser kita dengan setting network : Auto detect proxy setting for this network.

 

Cek untuk akses beberapa situs misal nya (www.detik.com, http://mail.yahoo.co.id, dst) pada beberapa PC yang terhubung pada HUB/SWICTH, jika bisa browser, berarti kita sudah bisa internet-an secara rame-rame / share, setting bisa juga dilakukan pada Client Linux. Kunci Internet Share ada pada Gateway IP : 192.168.1.1

 

speedy02.jpg

 

Begitu kira-kira Setting sederhana yang dapat dilakukan, tentunya masih ada kurang-nya terutama dari segi security yang masih perlu di perhatikan, semoga dapat membantu.

This entry was posted in Programming. Bookmark the permalink.

10 Responses to Internet Share dengan Speedy

  1. khabib says:

    gituuuu toooo good good good

  2. Gatot says:

    Terima kasih mas atas saran na bagus sekali sekarang spedy saya bisa share koneksi

  3. anto says:

    makasih mas
    aq nich lagi mo coba good good good…

  4. dezul says:

    di kantror pake speedy yang langsung nyambung dari modem ke switch (tanpa ke komputer admin). mo nanya nih…. ada nggak aplikasi yang bisa memantau tiap komputer sedang membuka situs apa dan bisa langsung di putuskan koneksinya bila sedang melakukan download yang tidak diharuskan. thaks.

  5. Mulyono says:

    Ada banyak software bertebaran di internet untuk atasi billing atau untuk admin net pada jaringan..

  6. aderusliana says:

    Tanya nih bro …..
    Gimana caranya ?
    Saya pasang speedy di Sukabumi, tentu punya username dan password, fasilitasnya saya gunakan yang unlimited.
    Saya ingin gunakan no user name (speedy saya) di nomoe telepon yang lain misalnya di beda kecamatan, bisa ga? kalo bisa bimana caranya?

  7. Mulyono says:

    wah coba deh tanya ke pihak telkom nya, kayak nya 1 line nomor di daftarkan dan password nya satu juga. apalagi kalo beda kecamatan, mungkin kalo pake wireless ISP bisa.

    Salam
    Mulyono Rafianto

  8. Ratna says:

    bagaimana dengan sharing koneksi speedy dengan menggunakan bluetooth dongle bluesoleil. Apakah bisa? bagaimana dengan settingannya apakah IPnya juga sama?

  9. YANDY says:

    Mas mo nanya nich………………….saya punya 10 komputer Client dan 1 komputer Server,trus 2 hari yang lalu 10 Client ada yang eror jadi harus ganti LAN CARD trus saya instal ulang tapi komputer yang saya ganti Lan Card_nya tadi ga konek mas, tolong bantuannya mas……………..??????????????
    saya pake modem SANEX TEL SA5100……..!!!!!!!!

  10. nanio says:

    om mkasih bnyak yah
    berguna bgt
    ijin copas yah om..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s