Mengenal Hepatitis B

Mengenal Hepatitis B


Apa itu Hepatitis B dan mengapa Hepatitis B paling ditakuti?
Dari tujuh jenis infeksi virus Hepatitis, mulai dari Hepatitis A sampai Hepatitis G, Hepatitis B adalah yang paling ditakuti. Selain lebih ganas dan lebih gampang menular, jumlah kasus dan sumber penularannya pun banyak berkeliaran di sekitar kita. Orang-orang dekat, tetangga, atau siapa tahu diri kita sendiri.

Gejalanya itu hampir mirip dengan hepatitis A, persis seperti flu, yaitu hilangnya nafsu makan, mual, muntah, rasa lelah, mata kuning dan muntah serta demam. Penularannya dapat melalui jarum suntik atau pisau yang terkontaminasi, transfusi darah dan gigitan manusia.

Dibandingkan virus AIDS (HIV), virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious), dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Kebanyakan pasien Hepatitis B ini akan bisa menyembuh, namun sebagian kecil saja yang langsung meninggal oleh ganasnya virus, atau sebab ketahanan tubuh yang rendah (Hepatitis fulminant).

Sepersepuluh kasus Hepatitis B akan berkembang menjadi Hepatitis menahun (Chronic hepatitis). Pasien dengan Hepatitis B menahun, sebagian menjadi tidak aktif lagi, namun sebagian lagi akan terus memburuk dalam hitungan tahun (Chronic Active Hepatitis). Pasien dengan Hepatitis menahun aktif ini yang memikul risiko komplikasi, jika bukan sirosis (Cirrhosis hepatis), akan menjadi kanker hati (Carcinoma hepatis). Kedua komplikasi ini lazimnya berakhir dengan kematian.

Pengobatan bisa dilakukan dengan interferon alfa-2b dan lamivudine, serta imunoglobulin yang mengandung antibodi terhadap hepatitis-B yang diberikan 14 hari setelah paparan. Vaksin hepatitis B yang aman dan efektif sudah tersedia sejak beberapa tahun yang lalu. Sedangkan yang berisiko tertular hepatitis B adalah pecandu narkotika dan orang yang mempunyai banyak pasangan seksual. (dari Berbagai Sumber)

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal Hepatitis B

  1. dhia afra says:

    apakah virus hepatitis b benar2 akan hilang jika melakukan pengobatan dgn interferon alfa-2b dan lamivudine,serta imunoglobulin????????
    dan apakah memerlukan dana yang besar untuk dapat melakukan pengobatan seperti diatas?//

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s