Zuckerberg, founder of Facebook

Lebih dari seratus juta warga dunia kini keranjingan jaringan sosial di dunia maya, facebook.com.
Lewat situs ini pengguna dapat memperluas pertemanan lintas benua,
bahkan kembali ‘bertemu’ dengan teman2 atau pacar lama yang tidak
terlihat lagi seusai perpisahan sekolah.

Itulah buah karya Mark Elliot Zuckerberg, founder of Facebook. Bersama tiga temannya, masing2 Andrew McCollum (roommate – saat  Zuckerberg bersekolah di Universitas Harvard jurusan Computer Science, -tapi kemudian Zuckerberg droup out), Dustin Moskovitz  (roommate) dan Chris Hughes (Hughes kemudian direkrut Obama saat masih jadi calon presiden untuk membuat situs barackobama.com).

Zuckerberg adalah pemuda berusia 25 tahun (lahir pada 14 Mei 1984, besar di Dobbs Ferry, New York) dan masih single. Ia perancang teknologi informasi sekaligus sosok muda yang punya jiwa wiraswasta. Zuckerberg mendapat julukan sebagai “salah satu orang paling berpengaruh pada tahun 2008″ versi majalah Time.
Pada forum ekonomi Davos (Swiss) 2009,   Zuckerberg termasuk dalam
daftar pemimpin muda karena prestasi dan komitmennya terhadap
masyarakat serta berpotensi menyumbangkan ide untuk membentuk tatanan
dunia baru. Di forum itu ia tampil dalam sesi “pengalaman Digital  Mendatang“.

Peserta lain yang juga ikut hadir di forum tersebut antara lain Chad Hurley (YouTube), Craig Mundie (Microsoft), Shananu Narayen (Adobe), Hamid Akhvan (T-mobile) dan Eric Clemmons (Wharton).

Diperkirakan, kekayaan  Zuckerberg sekarang mencapai 3 miliar AS ,  karena Zuckerberg memiliki 20% saham di Facebook. Ia (di Facebook)
bertanggung jawab untuk urusan garis kebijakan umum dan penyusunan
strategi perusahaan yang kini jadi rebutan para pemasang iklan dan
investor.

Semuanya bermula dari hobi Zuckerberg yang suka berkutat dengan komputer sejak high-school (ia bersekolah antara lain di Ardsley High School dan the Phillips Exeter Academy, New Hampshire sebelum akhirnya kuliah di Harvard, Cambridge). 

Saat itu ia ingin membantu
jaringan yang dimiliki ayahnya (seorang dokter gigi yang bernama Edward
Zuckerberg) untuk dipertemukan lewat dunia maya. Kebiasaan ini terus
melekat dan ia lupa belajar. Ia lalu memilih keluar dari Harvard untuk
meneruskan hobinya.

Menurut Mashable (The Social Media Guide), Facebook banyak digunakan orang antara lain karena desain enak dilihat dan dijelajahi serta menawarkan hal2 yang lebih riil. Sebagai contoh, Facebook menawarkan orang lain yang kira2 dikenal untuk di-add (ditambahkan) jadi teman. My Space juga menyodori beberapa teman, tapi termasuk menyodori orang2 dari negeri antah berantah untuk menjadi teman.

Banyak pengguna Facebook yang merupakan orang2 elite dunia. Facebook bahkan menjadi sarana komunikasi bagi para karyawan Toyota, Ernst & Young dan perusahaan kaliber dunia lainnya.

Salah satu poin menarik yang diberikan
Zuckerberg adalah bahwa lebih dari 100 juta orang secara aktif
menggunakan aplikasi bergerak pada Facebook. iPhone Facebook saja telah memiliki 5 juta pengguna aktif bulanan dan Blackberry untuk Facebook memiliki 3,25 juta pengguna aktif bulanan.

Kiprah Zuckerberg lewat Facebook melesat seperti roket. Zuckerberg meluncurkan Facebook
dari kamar asramanya di Harvard pada 15 Februari 2004. Apa yang ia
luncurkan menjadi sukses di Harvard dan banyak pelajar dari dua atau
tiga sekolah mendaftar pada dua minggu pertama Facebook diluncurkan.

Zuckerberg lalu memutuskan untuk memperluas  Facebook ke sekolah lain dengan meminta bantuan teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Mereka memperluas jaringan Facebook ke Stanford, Columbia, Yale lalu sekolah dan kampus lainnya di wilayah Boston.

Pada permulaan musim panas,  Zuckerberg dan Moskovitz berhasil memperluas jaringan   Facebook hingga mencapai 45 sekolah.

Zuckerberg dan timnya kemudian berpindah ke Palo Alto, California, dan mulai merangkul investor seperti pendiri PayPal, Peter Thiel, dan pendiri Napster, Sean Parker.

Pada Agustus 2005 Zuckerberg secara resmi menamakan perusahaannya Facebook. Setelah berhasil mengumpulkan modal 12,7 juta dolar AS, ia mengembangkan perusahaannya ke level berikutnya. Situs Facebook secara bertahap dan konsisten terus memperluas jaringan.

Saat ini ada lebih dari 175 juta pengguna aktif dengan berbagai fasilitas yang ada di situs Facebook. Facebookpun kini kebanjiran uang.

Tapi sukses Zuckerberg kemudian
dibarengi kontroversi. Teman sekelas Zuckerberg di Harvard yaitu  Divya
Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss, mengklaim bahwa
mereka dulu pernah menyewa Zuckerberg untuk menyelesaikan kode dari
website mereka, ConnectU dan dari sanalah banyak ide dari ConnectU dicuri untuk Facebook seperti design, rencana bisnis dan source code.
Tapi gugatan itu ditepis pengadilan. Dia menyebabkan kehebohan karena
dianggap “menjual” data2 pribadi pemilik akun, tanpa menghargai privasi.

Pada 2006 Zuckerberg mencengangkan dunia karena menampik tawaran Yahoo untuk membeli Facebook seharga 1 miliar dollar AS (atau sekitar Rp. 12 trilyun). Setahun kemudian, Microsoft membeli 1,6% saham Facebook seharga 240 juta dollar AS. Kini nilai ekonomi Facebook diperkirakan mencapai 15 milliar dollar AS.

Ambisi Zuckerberg adalah terus membuat Facebook senyaman mungkin untuk jadi alat penyatu warga dunia. (dari berbagai sumber).

This entry was posted in Profil. Bookmark the permalink.

3 Responses to Zuckerberg, founder of Facebook

  1. Queencybymn says:

    Great site this rafianto.wordpress.com and I am really pleased to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor🙂

  2. loaleVand says:

    brill site this rafianto.wordpress.com excellent to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor🙂

  3. loaleVand says:

    nice site this rafianto.wordpress.com rated to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s